Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Turnaments) Pada Materi Usaha Dan Energi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X Man 5 Aceh Besar

Delima, 140204138 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Turnaments) Pada Materi Usaha Dan Energi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X Man 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Turnaments) Pada Materi Usaha Dan Energi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X Man 5 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Turnaments) Pada Materi Usaha Dan Energi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X Man 5 Aceh Besar)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di kelas X IPA MAN 5 Aceh Besar, diperoleh permasalahan bahwa hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran fisika sangat minim dan belum mencapai KKM, sebagian peserta didik mengenali bidang studi fisika sebagai ilmu yang rumit yang selalu disertai dengan rumus-rumus yang disebabkan oleh kurangnya model pembelajaran yang disenangi peserta didik, salah satu model pembelajaran yang membuat peserta didik lebih aktif adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Turnament) pada materi usaha dan energi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas X MAN 5 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi-Experimen. sampel pada penelitian ini adalah kelas X MAN 5 Aceh Besar. Instrumen penelitian dilakukan dengan soal tes, berupa soal pilihan ganda tentang materi usaha dan energi dalam ranah kognitif yang telah diuji validitasnya. Hasil perhitungan normalitas data dengan menggunakan Chi-Kuadrat diperoleh data terdistribusi normal. Hasil perhitungan homongenitas dengan menggunakan uji F diperoleh data homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 38, dari hasil perhitungan diperoeh thitung = 6,25 dan ttabel = 1,68, yang berarti bahwa thitung>ttabel, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran TGT terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 5 Aceh Besar pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof.Dr.Yusrizal, M. Pd. Pembimbing II : Juniar Afrida. M.Pd
Uncontrolled Keywords: TGT (Teams Games Turnament),Usaha dan Energi dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Delima Delima
Date Deposited: 23 Jul 2019 02:41
Last Modified: 23 Jul 2019 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9018

Actions (login required)

View Item
View Item