Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Generik Sains Peserta Didik Pada Materi Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar

Nurul Fitri, 140204037 (2019) Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Generik Sains Peserta Didik Pada Materi Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Guided Discovery terhadap Kemampuan Generik Sains]
Preview
Text (Membahas tentang Model Guided Discovery terhadap Kemampuan Generik Sains)
skripsi gabung upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika yang dilaksanakan selama ini di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar masih menggunakan model konvensional. Sehingga peserta didik terlihat kurang memiliki keinginan yang besar dalam mengikuti pembelajaran fisika dan nilai rata-rata peserta didik tidak mencapai standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan generik sains peserta didik pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor di kelas XI dengan menggunakan model Guided Discovery. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non Equivalent Control Group Design dengan Pretest and Posttest Control Group Desain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling yang melibatkan dua kelas yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes dan angket. Instrumen tes Pretest dan Posttest berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal. Instrumen angket respon peserta didik dinyatakan dalam bentuk pernyataan sebanyak 14 butir. Analisis instrumen tes menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa data Posttest kelas eksperimen memiliki thitung > ttabel yaitu 6,09 > 2,02. Sedangkan respon peserta didik terhadap model pembelajaran Guided Discovery diperoleh (S) = 21,07%, (SS) = 76,42%, (TS) = 2,14%, dan (STS) = 0,35%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Guided Discovery berpengaruh terhadap kemampuan generik sains peserta didik pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Ridhwan, M.Si 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery, Kemampuan Generik Sains, Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurul Fitri Fitri
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:45
Last Modified: 24 Jul 2019 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9065

Actions (login required)

View Item
View Item