Penggunaan Media Komik Pada Tema Indahnya NegeriKu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Besar

Hajjatul Musra, 201325067 (2019) Penggunaan Media Komik Pada Tema Indahnya NegeriKu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Komik Pada Tema Indahnya NegeriKu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Besar]
Preview
Text (Penggunaan Media Komik Pada Tema Indahnya NegeriKu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Besar)
Hajjatul Musra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Komik adalah salah satu media hiburan yang sering di gunakan dalam sehari- hari, mungkin tak pernah kita sadari bahwa masa kecil kita tidak terlepas dari media visual ini. Komik yaitu belajar membaca, memahami isi bacaan dimana paserta membacanya tanpa harus dibujuk. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa melalui penggunaan media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 16 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media komik untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV MIN 16 Aceh Besar. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yakni metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen lembar observasi, tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menggunakam media komik mengalami peningkatan. Hasil skor pengamatan aktivitas guru diperoleh pada siklus I yaitu 41,66% dan skor pada siklus II yaitu 81,25%. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran yang diperoleh, pada siklus I yaitu 43,32%, dan siklus II yaitu dengan skor 80%). Hasil belajar siswa pada siklus I ini hanya 51,72% siswa yang mencapai ketuntasan individu. Jika dilihat ketuntasan secara klasikal pada siklus ini juga belum tuntas karena terdapat 48,29% belum tuntas. Pada siklus II siswa yang tuntas sebesar 86,20% sedangkan 13,79% belum tuntas belajar. Dari hasil penelitian yang didapatkan peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 16 Aceh besar dapat ditingkatkan dan dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mawardi S. Ag. M.Pd; 2. Nida Jamita S,Pd.I ,MPd
Uncontrolled Keywords: Media Komik, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hajjatul Musra Musra
Date Deposited: 24 Jul 2019 03:54
Last Modified: 24 Jul 2019 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9122

Actions (login required)

View Item
View Item