Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsS Pandrah

Tarwiani, 140201078 (2019) Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsS Pandrah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsS Pandrah]
Preview
Text (Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsS Pandrah)
full skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang sulit dalam menerjemahkan ayat maupun hadits kedalam bahasa Indonesia pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran Make-a Match pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VIII MTsS Pandrah? (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di kelas VIII MTsS Pandrah? (3) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Haditskelas VIII MTsS Pandrah setelah penerapan model Make-a Match? Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) bersifat kualitatif, objeknya adalah proses pembelajaran. Pengumpulan data dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada materi Kugapai Rezeki-Mu dengan Ikhtiarku pada siklus I dengan nilai angka 89,58 kategori baik sekali, pada siklus II memperoleh nilai 94,23 kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam penerapan model Make-a Matchsangat baik sekali dalam membimbing siswa menerjemahkan ayat/hadits. Aktivitas siswa dalam penerapan Make-a Match Materi Kugapai Rezeki-Mu dengan Ikhtiarku siklus I memperoleh nilai 65,38 kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai 80.76dengan kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa dalam menerjemahkan ayat/hadits melalui model Make-a Matchbisamembuat siswa lebih aktif.Hasil belajar siswa yang di perolehsetelah penerapan model Make-a Matchpada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits materi Kugapai Rezeki-Mu dengan Ikhtiarku,siklus I memperoleh nilai ketuntasansecara klasikal yaitu 65, dan pada siklus II dengan nilai 90. Maka dapat disimpulkan bahwasiswa kelas VIII MTsS Pandrah dalam menerjemahkan ayat/hadits hasilnya tuntas secara klasikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Muzakir S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Saifullah S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Hasil Belajar, Make a Match.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tarwiani Ani
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:11
Last Modified: 01 Aug 2019 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9181

Actions (login required)

View Item
View Item