Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengenalan Multimeter Di Kelompok kelas 2 SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh

Lailawan, 140211029 (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengenalan Multimeter Di Kelompok kelas 2 SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa)
LAILAWAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelompok kelas X Elektronika SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh menunjukkan sistem pembelajaran yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh, lebih didominasi oleh pembelajaran secara konvensional. Sehingga keaktifan siswa cenderung pasif karena mereka hanya menerima materi dan latihan soal dari guru, sehingga dalam proses pembelajaran siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru dan siswa juga merasa jenuh dan membosankan. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menawarkan suatu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar siswa secara berkelompok yaitumenggunakan metode pembelajaran TTW. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Hasil danmotivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran TTW. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Mei sampai tanggal 10 Mei 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai rata-rata kelompok kelaseksperimen adalah "x" ̅ = 89,33 dan nilai rata-rata kelompok kelas kontrol yaitu "x" ̅ = 78,33. maka hasil belajar siswa kelompok kelas eksperimen lebih tinggi dari kelompok kelas kontrol. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji-t, berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel atau 6,01> 2,03. Dengan demikian Ho di tolak dan terjadi penerimaan Ha sehingga diterima kebenaran bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi siswa pada materi “perkenalan Murtimetel” di kelompok kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Silahuddin, M.Ag 2. Mursyidin,S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran TTW, Hasil Dan Respon Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Lailawan
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:36
Last Modified: 31 Jul 2019 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9189

Actions (login required)

View Item
View Item