Efektifitas Strategi Pembelajaran Active Debate Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas V MIN 11 Banda Aceh

Rismawati, 201325121 (2018) Efektifitas Strategi Pembelajaran Active Debate Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas V MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektifitas Strategi Pembelajaran Active Debate Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas V MIN 11 Banda Aceh]
Preview
Text (Efektifitas Strategi Pembelajaran Active Debate Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas V MIN 11 Banda Aceh)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi di kelas V4 MIN 11 Banda Aceh, masih terdapat kekurangan pada strategi pembelajaran dan masih rendahnya hasil belajar siswa. Aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi“pentingnya menjaga keutuhan Indonesia” siswa di kelas V4 MIN 11 Banda Aceh masih rendah dan belum mencapai kriteria (KKM), standar nilai KKM di MIN 11 Banda Aceh adalah 75. Untuk pembelajaran PKn kiranya penting diterapkan strategi pembelajaran active debate. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran PKn khususnya pada materi“pentingnyamenjagakeutuhan Indonesia”guru memerlukan strategi. Dengan menggunakan strategi pembelajaran active debate diharapkan dapat mengatasi kesulitan pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran active debate. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V4MIN 11 Banda Aceh yang berjumlah 39 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, serta soal test. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh aktivitas guru meningkat dari nilai 79,76% (baik) pada siklus I menjadi 90,47% (baik sekali) pada siklus II. Aktivitas siswa dari nilai 61,66% (baik) pada siklus I menjadi 85,71% (baik sekali) pada siklus II. Hasil tes belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran active debatepada siklus I 51,28% (cukup) sedangkan pada siklus II 87,18% (baik sekali). Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran active debate dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V4 MIN 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : Dra. Tasnim Idris, M.Ag Drs. Ridhwan M. Daud, M. Ed
Uncontrolled Keywords: Active Debate dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rismawati Risma
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:19
Last Modified: 29 Jul 2019 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9195

Actions (login required)

View Item
View Item