Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Fiqih Di MAN 4 Aceh Besar

Ranja Maskurijal, 140201094 (2019) Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Fiqih Di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Fiqih Di MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Fiqih Di MAN 4 Aceh Besar)
oke.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik adalah suatu pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan. Salah satu ciri dari kurikulum 2013 adalah melakukan proses pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi yang dimiliki peserta didik agar mereka dapat memiliki pengetahuan yang diharapkan. Permasaalahan penelitian ini adalah untuk (1)Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fiqih di MAN 4 Aceh Besar,(2)Kendala yang dihadapi Guru dalam Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fiqih di MAN 4 Aceh Besar dan (3)Upaya Guru untuk meningkatkan Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fiqih di MAN 4 Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru 4 Aceh besar. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunujukan bahwa implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan guru dalam pembelajaran fiqih belum maksimal dimana ada empat tahapan yang belum dilakukan yaitu menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Adapun kendala dihadapi Guru dalam pendekatan saintifik adalah kesulitan dalam hal mengembangkan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifk serta kurangnya media dan fasiltas mengajar, upaya guru adalah berdiskusi dengan guru-guru yang sudah mampu menerapkan pendekatan saintifik, guru harus banyak mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberikan pemerintah dalam penerapan kurikulum 2013, serta guru banyak membaca buku-buku tentang pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mashuri, S.Ag., MA. Pembimbing II : Abdul Haris Hasmar, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saitifik, Pembelajaran Fiqih
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ranja Maskurijal Ranja
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:15
Last Modified: 29 Jul 2019 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9212

Actions (login required)

View Item
View Item