Penggunaan Miniatur Instalasi Listrik untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di Kelas XI di SMKN 1 ABDYA

Ulil Azwar, 140211041 (2019) Penggunaan Miniatur Instalasi Listrik untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di Kelas XI di SMKN 1 ABDYA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Miniatur Instalasi Listrik]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Miniatur Instalasi Listrik)
Ulil Azwar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Instalasi Penerangan Listrik mempelajari tentang kelistrikan sederhana, pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik, siswa dilatih lebih aktif dalam proses belajar, mencarai tau, berpikir, untuk menambahkan kecerdasan peserta Didik, akan tetapi fakta dilapangan peserta didik kurang aktif dalam proses pengajaran, kurang mengerti dengan teori yang diberikan, dan banyak hal yang belum dipahami oleh peserta didik tentang Instalasi Penerangan Listrik,sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapakan. Penelitian ini bertuajuan (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode penggunaan Miniatur listrik pada materi jenis-jenis sambungan kabel listrik dan Instalasi listrik rumah sederhana (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di metode penggunaan Miniatur, pembelajaran melihat aktifitas pada materi jenis-jenis sambungan kabel listrik dan instalasi listrik rumah sederhana penelitan ini menggunakan penelitian Ekperimen (true ekperimen). Penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Tes (2) Angket, hasil belajar siswa diperoleh pada kelas kontrol adalah 37,36 pada kelas ekperimen adalah 81,5, Untuk hasil penelitian yang diperoleh dari lembar angket presentase respon positif 91.25%, dan presentase respon negatif 8,75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media Miniatur TTL pada mata pelajaran instalasi penerang listrik siswa lebih aktif dalam belajar, hasil belajar siswa lebih meningkat

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Hadi Kurniawan, S.Si.,M.Si 2. Fathurrahman, S.T.,M.Eng,Sc
Uncontrolled Keywords: Instalasi Penerangan Listrik, Pengunaan Miniatur
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ulil Azwar Ulil
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:48
Last Modified: 31 Jul 2019 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9289

Actions (login required)

View Item
View Item