Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh

Desri Yusrida, 201223376 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Untuk itu perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan dapat menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran IPA.Salah satu model yang digunakan dalam pembelajaran IPA adalah model Inkuiri. Tujuan Penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model Inkuiri, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model Inkuiri, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Inkuiri pada materi sumber bunyi dan sifat-sifat bunyi di kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi ( guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 59.09% berada pada katagori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 14,54% jadi,jumlah peningakatannya 73,63% katagori baik, (2) Aktivitas siswa sebesar 61,81% berada pada katagori cukup, dan mengalami peningakatan pada siklus II sebesar 13,64% jadi, junlah meningkatnya adalah sebesar 75,45% katagori baik, (3) hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58,33% katagori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 25% jadi, junlah meningkatnya adalah 83,33% katagori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri pada pembelajaran IPA materi sumber bunyi dan sifat-sifat bunyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 11 Banda Aceh sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd,Ph.D Pembimbing II : Daniah,S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desri Yusrida Desri
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:39
Last Modified: 31 Jul 2019 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9294

Actions (login required)

View Item
View Item