Penerapan Mabit (Malam Bina Iman Dan Taqwa) Dalam Upaya Membina Kepribadian Peserta Didik (Studi Program Remaja Dakwah) di MAN Model Banda Aceh.

Muzammil, 140201196 (2019) Penerapan Mabit (Malam Bina Iman Dan Taqwa) Dalam Upaya Membina Kepribadian Peserta Didik (Studi Program Remaja Dakwah) di MAN Model Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Mabit (Malam Bina Iman Dan Taqwa) Dalam Upaya Membina Kepribadian Peserta Didik (Studi Program Remaja Dakwah) di MAN Model Banda Aceh.]
Preview
Text (Penerapan Mabit (Malam Bina Iman Dan Taqwa) Dalam Upaya Membina Kepribadian Peserta Didik (Studi Program Remaja Dakwah) di MAN Model Banda Aceh.)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini tentang bagaimana penerapan program Mabit (Malam Bina Iman Dan Taqwa) dalam upaya membina kepribadian peserta didik (studi program remaja dakwah) di MAN Model Banda Aceh. Kepribadian muslim yang baik merupakan komponen utama yang harus ada dalam setiap muslim. Kepribadian muslim pada dasarnya memiliki 3 pondasi yaitu akidah yang benar, ibadah yang benar (shahih) serta akhlak yang terpuji. Kepribadian muslim harus dibina sejak dini baik itu di lingkungan keluarga , di lingkungan masyarakat dan di lingkungan sekolah. Sehingga dibutuhkan suatu usaha yang maksimal sehingga dengan usaha tersebut mampu membentuk kepribadian muslim yang baik sehingga salah satu diantara usaha tersebut adalah dengan melaksanakan MABIT di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan MABIT di MAN Model serta pengaruhnya terhadap kepribadian peserta didik itu sendiri. Pembahasan ini menggunakan metode deskriptif analisis yang dimana membahas masalah yang ada pada masa sekarang dan realitas sosial yang berkembang dengan menggunakan analisis-analisis yang tajam. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, studi dokumentasi serta angket. Adapun hasil penelitian ini menggambarkan penerapan MABIT di MAN Model yang dilaksanakan oleh REDA (remaja dakwah) serta kendala dalam pelaksanaannya dan pengaruh MABIT terhadap peserta didik. Dan juga dipaparkan tentang sejarah REDA (Remaja Dakwah) serta sejarah penerapan MABIT di MAN Model. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah MABIT belum memberikan pengaruh yang optimal kepada peserta didik khususnya di MAN Model yang dimana disebabkan oleh beberapa kendala sehingga belum memberikan pengaruh yang optimal terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jailani, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Mashuri, S.Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembinaan dan Kepribadian
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muzammil Muza
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:41
Last Modified: 20 Aug 2019 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9321

Actions (login required)

View Item
View Item