Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X Di MAN 6 Aceh Besar

Suryatin, 140204109 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X Di MAN 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X Di MAN 6 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X Di MAN 6 Aceh Besar)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Rendahnya nilai peserta didik dikarenakan pendidik masih menggunakan metode ceramah membuat peserta didik tidak aktif yang menjadi permasalahan utama di MAN 6 Aceh Besar. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) adalah suatu model pembelajaran sebagai solusi pada permasalahan tersebut yang tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar pada materi gerak lurus berubah beraturan peserta didik kelas X. Desain penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Grup Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh yang melibatkan dua kelas yaitu X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan angket. Instrumen tes Pre-test dan Post-test berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal. Instrumen angket respon peserta didik dinyatakan dalam bentuk pernyataan sebanyak 20 butir. Analisis instrumen tes menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa data Post-test kelas eksperimen memiliki thitung > ttabel yakni thitung = 6,93 dan ttabel = 1,67. Analisis N-Gain untuk kelas eksperimen dengan katagori sedang yaitu g = 0,6 dan kelas kontrol dengan katagori rendah yaitu g = 0,3. Sedangkan respon peserta didik terhadap model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) diperoleh (S) = 56,91%, (SS) = 32,49%, (TS) = 5,37%, dan (STS) = 2,11%. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk kelas X di MAN 6 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Suryatin Atin
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:36
Last Modified: 05 Aug 2019 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9360

Actions (login required)

View Item
View Item