Pengembangan Modul Berdasarkan Multi Level Representasi Kimia Pada Materi Kelarutan Garam Di SMA Swasta Inshafuddin Banda Aceh

Karina Fitria, 140208178 (2019) Pengembangan Modul Berdasarkan Multi Level Representasi Kimia Pada Materi Kelarutan Garam Di SMA Swasta Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Berdasarkan Multi Level Representasi  Kimia Pada Materi Kelarutan Garam Di SMA Swasta Inshafuddin Banda Aceh]
Preview
Text (Pengembangan Modul Berdasarkan Multi Level Representasi Kimia Pada Materi Kelarutan Garam Di SMA Swasta Inshafuddin Banda Aceh)
GABUNG edit .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara di SMA Swasta Inshafuddin Banda Aceh materi kelarutan garam dikategorikan materi yang sulit dimengerti oleh siswa. Materi ini memuat konsep Abstrak dengan contoh konkrit yang memerlukan pemahaman pada fenomena makro, submikroskopik, dan simbolik serta keterhubungan ketiganya. Namun, bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran kimia belum sepenuhnya mengembangkan keterhubungan multilevel representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah Validitas modul multilevel representasi kimia pada materi kelarutan Garam di SMA Swasta Inshafuddin yang dikembangkan? (2) Bagaimanakah respon siswa terhadap modul multilevel representasi kimia pada materi kelarutan Garam di SMA Swasta Inshafuddin?. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata dari validasi modul kelarutan garam yaitu 83,3% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil angket respon siswa diperoleh jumlah persentase siswa memberi tanggapan sangat tidak setuju 0%, siswa memberi tanggapan tidak setuju 1,8%, siswa memberi tanggapan setuju 44,82%, dan siswa yang memberi tanggapan sangat setuju 52,32%, maka dapat disimpulkan sebagian siswa kelas XI IPA 2 SMA Swasta Inshafuddin Banda Aceh sangat setuju dengan adanya pengembangan modul berdasarkan multi level representasi kimia dapat meningkatkan pemahaman kimia khususnya pada materi kelarutan garam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujakir, M.Pd.Si. Pembimbing II : Adean Mayasri, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Representasi, makroskopik, submikroskopik, simbolik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Karina Fitria Karin
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:14
Last Modified: 06 Aug 2019 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9431

Actions (login required)

View Item
View Item