Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Baru

Yusniar, 140205093 (2019) Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Baru. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk  Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Baru]
Preview
Text (Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Baru)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching ditinjau berdasarkan indikator dan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang dibelajarakan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain pretest postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Bandar Baru. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji t pihak kanan. Adapun peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada setiap indikator yaitu 1) kemampuan memahami masalah mengalami peningkatan sebanyak 78%, 2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah mengalami peningkatan sebanyak 92%, 3) kemampuan menerapkan rencana pemecahan mengalami peningkatan sebanyak 42%, 4) kemampuan memeriksa kembali kebenaran jawaban mengalami peningkatan sebanyak 33%. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh t_hitung=2,39 dan t_tabel=1,68 atau t_hitung >t_tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi dari pada kemampuam pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd Pembimbing II : Novi Trina Sari, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Reciprocal Teaching, Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yusniar Niar
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:26
Last Modified: 20 Aug 2019 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item
View Item