Strategi Guru Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Tajwid Siswa Di Mtsn 3 Aceh Jaya

Riska Funna, 140201171 (2019) Strategi Guru Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Tajwid Siswa Di Mtsn 3 Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Guru Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Tajwid Siswa Di Mtsn 3 Aceh Jaya]
Preview
Text (Strategi Guru Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Tajwid Siswa Di Mtsn 3 Aceh Jaya)
FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Untuk mengajarkan ilmu tajwid dalam proses pembelajaran dapat dilakukan oleh guru Qur’an hadits dengan menggunakan strategi yang relevan sehingga siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Namun di kelas IX C MTsN 3 Aceh Jaya masih ditemukan banyak siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan hukum tajwid. oleh sebab itu, peneliti mencoba melihat strategi guru Qur’an hadits dalam kemampuan belajar tajwid siswa. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru Qu’an hadits dalam meningkatkan kemampuan belajar tajwid siswa di MTsN 3 Aceh Jaya?. Penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian yang didapatkan adalah strategi guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan belajar tajwid siswa di MTsN 3 Aceh Jaya kelas IX C adalah membaca Al-Qur’an setiap hari 15 menit sebelum masuk jam pelajaran menggunakan metode Qiraati dan Talaqqi. Selain itu guru mengembangkan strategi pembelajaran dengan kegiatan yang di lakukan oleh sekolah melalui program membaca Yasin seminggu sekali. Selain itu guru juga melakukan pembelajaran Qiraati dan Talaqqi agar dapat mendorong siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan hukum tajwid. Dengan demikian strategi guru Qur’an hadits sebagian besar 78,56 % siswa sudah bagus dan mampu meningkatkan kemampuan belajar tajwid siswa di kelas IX MTsN 3 Aceh Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Muji Mulia, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Mashuri, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Tajwid siswa di MTsN 3 Aceh Jaya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riska Funna Funna
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:30
Last Modified: 07 Aug 2019 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9473

Actions (login required)

View Item
View Item