Penerapan Model Kooperatif Tipetwo Stay Two Strayuntuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MIN 7 Aceh Besar

Mata Halim, 201223428 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipetwo Stay Two Strayuntuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MIN 7 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipetwo Stay Two Strayuntuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MIN 7 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Kooperatif Tipetwo Stay Two Strayuntuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MIN 7 Aceh Besar)
oke.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Model Two Stay Two Stray merupakan sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar siswa dapat saling bekerja sama, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah, dan saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray; (3) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray; dan (4) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada kelas IV di MIN 7 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaituperencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan soal angket, serta soal tesdengan menggunakan analisis rumus persentase dan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data penelitiandidapatkan bahwa nilai persentase aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung pada siklus I 56% dan pada siklus II meningkat sebanyak 19% menjadi 75%; Persentase nilai aktivitas belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada siklus I nilai yaitu 61,33% dan pada siklus II meningkat sebanyak 10% menjadi 71,25%; Pada awal pembelajaran 78% respon siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,dan setelah menerapkan model kooperatif tipe Two Stay Two Straypada siklus I sebanyak 73% respon siswa antusias untuk belajar. Dan pada siklus II sebanyak 70% respon siswa menyukai dan juga antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Serta Hasil belajar siswa pada siklus I nilai persentasenya yaitu 64,28, dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,29% menjadi 78,57%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Straypada kegiatan pembelajaran khususnya pada siswa kelas IV MIN 7 Aceh Besar dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta motivasi dan juga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar, M. Pd Pembimbing II : Al Juhra, S. Sos. I, M. S. I
Uncontrolled Keywords: MotivasidanHasilBelajar, ModelTwo Stay Two Stray
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mata Halim Mata
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:33
Last Modified: 07 Aug 2019 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9475

Actions (login required)

View Item
View Item