Keefektifan Model Pembelajaran Tipe Talking StickBerbasis Chemoentrepreneurship (CEP) Pada Materi Larutan Penyangga Di MAS Al-Zahrah

Intan Aliya Yuskar, 140208080 (2019) Keefektifan Model Pembelajaran Tipe Talking StickBerbasis Chemoentrepreneurship (CEP) Pada Materi Larutan Penyangga Di MAS Al-Zahrah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Tipe Talking StickBerbasis Chemoentrepreneurship (CEP) Pada Materi Larutan Penyangga Di MAS Al-Zahrah]
Preview
Text (Keefektifan Model Pembelajaran Tipe Talking StickBerbasis Chemoentrepreneurship (CEP) Pada Materi Larutan Penyangga Di MAS Al-Zahrah)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung dapat disebabkan karena guru menjalankan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan pengetahuan yang diperoleh siswa, menggunakan model yang kurang efektif, dan juga kegiatan pembelajaran lebih berpusat pada guru (teacher-centered). Maka dari itu peneliti ingin menerapkan model pembelajaran tipe talking stick berbasis chemoentrepreneurship (CEP) pada materi larutan penyangga di MAS Al-Zahrah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran tipe talking stick berbasis chemoentrepreneurship (CEP) pada materi larutan penyangga di MAS Al-Zahrah Bireuen. Untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran menggunakan model tipe talking stick berbasis chemoentrepreneurship (CEP) pada materi larutan penyangga di MAS Al-Zahrah Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan dua kelas, sampel pada penelitian eksperimen ini adalah kelas XI D MAS Al-Zahrah Bireuen yang berjumlah 23 siswa. Hasil belajar siswa dianalisis dengan uji N-gain dan uji t dengan Independent Samples Test. Perolehan nilai signifikansi dari analisis uji t adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat diputuskan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Perolehan nilai analisis uji N-gain pada kelas eksperimen adalah sebesar 0,73 dikategorikan tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,64 dikategorikan sedang. Dapat disimpulkaan model pembelajaran tipe talking stick berbasis chemoentrepreneurship (CEP) efektif yang ditandai dengan hasil belajar siswa lebih tinggi. Hasil persentase respon siswa dalam penerapan model pembelajaran tipe talking stick berbasis chemoentrepreneurship (CEP) adalah 93,9% yakni sangat tertarik. Berdasarkan hasil peelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe talking stick berbasis chemoentrepreneurship (CEP) efektif dalam pembelajaran larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Ama Emda, M.Pd Pembimbing II : M. Ridwan Harahap, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Tipe Talking Stick, Chemoentrepreneurship (CEP), Hasil Belajar, Larutan Penyangga.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Intan Aliya Yuskar Intan
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:03
Last Modified: 15 Aug 2019 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9518

Actions (login required)

View Item
View Item