Manajemen Kelas dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Jaya

Suwaibah, 140206100 (2019) Manajemen Kelas dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Manajemen Kelas dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Jaya]
Preview
Text (Manajemen Kelas dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Jaya)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merupakan segala kegiatan guru di kelas untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Namun guru wali kelas di SMA Negeri 1 Jaya disaat proses belajar mengajar di kelas tidak melaksanakan manajemen kelas dengan baik yang menyebabkan kurangnya minat belajar siswa. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Jaya, pelaksanaan manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Jaya, kendala dan upaya manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Jaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif dalam bentuk deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas dan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa ialah dengan cara mempersiapkan secara matang segala perangkat pembelajaran berupa RPP dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi serta membawa siswa ke dunia nyata agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. 2) Pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa ialah guru menggunakan metode pengajaran yang beraneka ragam dan terus mengembangkan model-model pembelajaran yang sesuai dan siap membantu siswa sehingga minat belajar siswa meningkat dan tercapainya hasil belajar yang maksimal. 3) Kendala dan upaya manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa ialah pada saat jam terakhir pembelajaran dan pada saat pokok pembahasan/materi yang dianggap sulit oleh siswa, serta terkendala dalam hal pengadaan media yang terbatas, hal ini yang menyebabkan minat belajar siswa menjadi berkurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ismail Anshari M.A Pembimbing II : Nurussalami, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Minat Belajar Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Suwaibah Suwaibah
Date Deposited: 20 Aug 2019 08:19
Last Modified: 20 Aug 2019 08:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9548

Actions (login required)

View Item
View Item