Pengaruh Bullying Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh

Mira Sartika, 140213066 (2019) Pengaruh Bullying Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Bullying Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Bullying Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh bullying terhadap perkembangan kemampuan sosial siswa di SMA Negeri 11 banda aceh, (2) mengetahui tinggi bullying yang terjadi pada siswa SMA Negeri 11 banda aceh, (3) mengetahui peran guru Bk dalam menangggulangi perilaku bullying terhadap siswa di SMA Negeri 11 banda aceh. Penelitian ini adalah penelitian mix method (campuran) kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 11 banda aceh (565). Total sampel berjumlah 56 siswa yang dipilih secara random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala bullying, skala perkembangan kemampuan sosial, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan (1). Nilai Sig. 0,000 sedangkan nilai probabilitas 0,05, jadi nilai sig. = 0,000 lebih kecil dari < nilai p = 0,05 jadi terdapat pengaruh antara bullying dengan perkembangan kemampuan sosial, sehingga Ha diterima. sedangkan nilai pengaruhnya, ( r ) = 0,606 dan nilai kontribusi 0,367. Jadi r = 0,606 berkontribusi terhadap perkembangan kemampuan sosial siswa sebesar 0,367. Jadi r memberi sumbangan kepada perkembangan kemampuan sosial sebesar 0,606. 0,606 berkatagori kuat. (2) tingkat tingginya bullying di SMAN.11 Banda Aceh adalah 94.25, menurut tabil hasil skor 94,25 tergolong tinggi, bullying yang paling banyak dilakukan adalah non verbal tidak langsung dengan nilai 67,33. perkembangan kemampuan sosial siswa tergolong sedang hal tersebut bisa dilihat dari hasil uji mean yang didapatkan yaitu 57,87 menurut tabel skor perkembangan kemampuan sosial siswa menyatakan bahwa 57,87 tergolong sedang. (3) Peran guru bimbingan konseling dalam menanggulangi perilaku bullying, diberikan bimbingan, arahan, serta member pehaman tentang bahaya bullying, guru bimbingan dan konseling juga berperan dalam membantu siswa yang menjadi korban bully, dengan cara memberikan inspirasi, motivasi, membantu siswa dalam meningkatkan kepercayaan dirinya agar tidak mudah terpengaruh dengan orang lain, serta memberikan penguatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Masbur, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Sari Rizki, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Bullying dan perkembangan kemampuan sosial
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mira Sartika Mira
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:42
Last Modified: 02 Sep 2019 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9615

Actions (login required)

View Item
View Item