Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Respon Siswa Pada Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh

Lia Dikana, 140209006 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Respon Siswa Pada Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Respon Siswa Pada Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Respon Siswa Pada Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh)
oke.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya keterampilan proses sains siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dan respon belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa di MIS Lamgugob Banda Aceh. Rancangan penelitian ini menggunakan pre Eksperimental Desing dengan desing penelitian one group pre-test dan post-tes desing. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh yang terdiri dari 1 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA. Data keterampilan proses sains siswa di analisis menggunakan rumus uji Statistik t-tes pada taraf signifikasi 0,05 sedangkan data respon belajar siswa di analisis menggunakan persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri pada tema selalu berhemat energi di kelas IV MIS Lamgugob mengalami peningkatan dengan nilai pre-tes 48 dan nilai post-tes 81. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 4,76 dengan d.b 29 diproleh ttabel = 1,69. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tema selalu berhemat energi kelas IV dengan penerapan model Inkuiri (Ha diterima). Dan respon belajar siswa dengan nilai rata-rata 87 termasuk kedalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lia Dikana Lia
Date Deposited: 28 Aug 2019 01:50
Last Modified: 28 Aug 2019 01:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9619

Actions (login required)

View Item
View Item