Penerapan Model Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada MIN 26 Aceh Besar

Suci Mulyawati, 140209041 (2019) Penerapan Model Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada MIN 26 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada MIN 26 Aceh Besar)
oke.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar terlihat rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa, disebabkan kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar seperti diskusi bersama antar siswa dan guru, serta kurangnya penerapan model pembelajaran yang dapat menunjang keaktifan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Index Card Match pada Tema 5 Pahlawanku di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar soal tes. Teknikanalisis data yang digunakanyaitu menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 73% (baik), dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 72% (baik) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 84% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I hanya 12 siswa yang tuntas dengan nilai 60% dan yang tidak tuntas 8 siswa dengan nilai 40%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 20 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 86% dan 3 siswa tidak tuntas dengan nilai 14%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muslim Razali, S.H., M.Ag Pembimbing II : Irwandi, S. Pd.I., MA
Uncontrolled Keywords: Model Index Card Match, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suci Mulyawati Suci
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:50
Last Modified: 13 Sep 2019 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9649

Actions (login required)

View Item
View Item