Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar

Cut Mauliza Nursa, 261324583 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah penilaian terhadap kemampuan siswa sebagai ukuran untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepahaman siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Namun hasil belajar siswamasih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) merupakan suatu model yang dapat membuat hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Group Investigation pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan tes tulis. Dari hasil penelitian diperoleh hasil pengolahan data statistik uji-t diperoleh t_hitung=4,62 dan t_((tabel))=1,67. Maka t_hitung>t_tabel. Hal ini berarti terima H1 tolak H0. Maka berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Ikhsan, M.Pd Pembimbing II : Zikra Hayati, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation (GI), Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Mauliza Nursa Cut
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:15
Last Modified: 03 Sep 2019 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9710

Actions (login required)

View Item
View Item