Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi Di SMA Negeri 6 Darul Makmur

Sani Ulan Sari, 150208033 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi Di SMA Negeri 6 Darul Makmur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi Di  SMA Negeri 6 Darul Makmur]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi Di SMA Negeri 6 Darul Makmur)
Full Sani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia pada materi reaksi reduksi-oksidasi disebabkan rendahnya pemahaman dan penguasaan konsep siswa. Hal ini karena proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, yang hanya berpusat pada guru dan siswa bersifat pasif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) yang dilihat dari 2 indikator yaitu hasil belajar siswa dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods, dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan yang berupa kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini lebih ditekankan pada pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperiment menggunakan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA SMAN 6 Darul Makmur berjumlah 19 siswa. Hasil belajar dianalisis dengan uji N-Gain dan Uji t Paired Samples Test. Hasil analisis uji t diperoleh dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata 0,83 yakni termasuk kategori tinggi. Hasil perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 3,26 yang termasuk kategori kuat. Sehingga disimpulkan model pembelajaran group investigation (GI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi reduksi-oksidasi. Hasil persentase respon siswa yaitu 86,9% mengindikasikan siswa tertarik belajar menggunakan model pembelajaran group investigation (GI). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan model pembelajaran group investigation (GI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nurbayani, S.Ag, M.A Pembimbing II : Hidayati Oktarina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Hasil Belajar, Reaksi Reduksi-Oksidasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Sani Ulan Sari Sani
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:17
Last Modified: 10 Sep 2019 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9793

Actions (login required)

View Item
View Item