Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Bacaan Di Kelas IV MIN 2 Aceh Besar

Rini Zulva, 201325083 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Bacaan Di Kelas IV MIN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Bacaan Di Kelas IV MIN 2 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Bacaan Di Kelas IV MIN 2 Aceh Besar)
skripsi full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Membaca pemahaman adalah kegiatan membaca untuk memahami makna dari isi bacaan secara menyeluruh, jika siswa dapat memahami maksud bacaan yang dibacanya, maka akivitas membaca yang dilakukan berhasil. Jika siswa belum memahami bacaannya, maka siswa dapat dikatakan belum mampu memahami teks bacaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru dan siswa, ketuntasan belajar, serta respon belajar siswa dengan penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV MIN 2 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa, ketuntasan belajar, serta respon siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV MIN 2 Aceh Besar. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yakni metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen lembar observasi, tes dan angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan memahami teks bacaan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan. Hasil skor pengamatan aktivitas guru diperoleh pada siklus I yaitu 2,5 (kurang), dan skor pada siklus II yaitu 3,8 (Sangat Baik). Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 2,3 (kurang), dan siklus II yaitu dengan skor 3,6 (Sangat Baik). Hasil tes akhir (post tes) belajar siswa pada siklus I ini hanya 13 siswa atau 56,52% siswa yang tuntas, sedangkan 10 siswa atau 43,47% belum tuntas belajar. Pada siklus II tes akhir (post tes) hasil belajar yaitu 21 siswa atau 91,30% yang tuntas, sedangkan 2 siswa atau 8,69% belum tuntas belajar. Respon belajar siswa dari tabel 4.12 sampai tabel 4.21 menunjukkan banyak siswa tertarik dan menunjukkan respon yang positif. Dari hasil penelitian yang didapatkan peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan di kelas IV MIN 2 Aceh besar dapat ditingkatkan dan dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Tasnim Idris, M. Ag. Pembimbing II : Darmiah, MA
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rini Zulva Rini
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:22
Last Modified: 13 Sep 2019 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9837

Actions (login required)

View Item
View Item