Penerapan Metode Debat Aktif Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Min 20 Aceh Besar

Suarnis, 140209109 (2019) Penerapan Metode Debat Aktif Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Min 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Debat Aktif Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Min 20 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Metode Debat Aktif Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Min 20 Aceh Besar)
SUARNIS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Upaya dalam meningkatkan proses pembelajaran dikelas guru harus menggunakan metode sehingga membuat siswa berani untuk beragumentasi dalam menyampaikan pengetahuannya melalui metode yang di berikan oleh guru. Akan tetapi, fakta yang terjadi di kelas V MIN 20 Aceh Besar menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran seperti tidak berani bertanya dan tidak berani menyampaikan argumennya tentang pembelajaran yang sedang berlangsung pada saat itu, siswa hanya diam dan mendengarkan guru, sehingga komunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, penulis melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan menerapkan metode debat aktif terhadap keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode debat terhadap keterampilan berkomunikasi siswa terdapat perbedaan dengan model pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui penerapan metode debat terhadap hasil belajar siswa terdapat perbedaan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penetilian quasi eksperimen penelitian ini akan terdapat dua kelas yang tidak dipilih secara random keduanya kemudian diberi pre-tes dan post-tes untuk mengetahui keadaan awal dan perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan pengambilan sampelnya menggunakan model Sampling Puposive. Data diperoleh dari rubrik untuk memperoleh keterampilan berkomunikasi dan tes untuk memperoleh hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian rubrik keterampilan komunikasi pada V-2 (kelas eksperimen) diperoleh skor 3,4 dan V-1 (kelas kontrol) diperoleh skor 2,8. Untuk hasil belajar yang diperoleh pada V-2 (kelas eksperimen) adalah 69,89 dan V-1 (kelas kontrol) adalah 81,66. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan metode debat terhadap keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa di kelas V MIN 20 Aceh Besar pada Tema: benda-benda di lingkungan sekitar, pada materi manusia dan lingkungan terdapat perbedaan diperoleh dari hasil belajar kurang efektif dan keterampilan berkomunikasi meningkat dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah, M. Ag Pembimbing II : Sri Mutia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Debat, Keterampilan Berkomunikasi, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suarnis Suarnis
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:48
Last Modified: 13 Sep 2019 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9845

Actions (login required)

View Item
View Item