Tila Risya, 140402030 (2019) Bimbingan Karier Terhadap Anak Tunanetra Di Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (Bukesra) Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
pdf gabung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini berjudul Bimbingan Karier Terhadap Anak Tunanetra di Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (BUKESRA) Banda Aceh. Bimbingan karir terhadap anak tunanetra telah diterapkan pada yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (BUKESRA) Banda Aceh, yang disebut juga dengan bimbingan keterampilan atau pelatihan keterampilan anak. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode bimbingan karier yang diberikan oleh guru pengajar kepada anak tunanetra dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan karier terhadap anak tunanetra di yayasan BUKESRA Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan karier dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan karier terhadap anak tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriftif analisis dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara dan studi dokumentasi. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, terdapat 4 (empat) orang informan dengan pertimbangan dan ketentuan yang dipilih oleh peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan karier yang diterapkan pada yayasan ini bermacam-macam, adapun metode bimbingan karir yang diberikan kepada anak tunanetra adalah metode ceramah, metode bimbingan individu, metode bimbingan kelompok dan metode demonstrasi. Selanjutnya faktor pendukung pelaksanaan bimbingan karier adalah tempat yang disediakan untuk pengembangan karir, sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menyalurkan bakat anak, orang-orang yang berpengalaman dan antusias guru yang melatih perkembangan potensi yang dimiliki anak. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan bimbingan karier yaitu hambatan dalam menangani anak tunanetra, kurangnya tenaga ahli dalam bidang bimbingan keterampilan, dan belum tersedianya semua fasilitas seperti ruangan, alat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pengembangan karir pada anak. Kemudian bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperhatikan faktor-faktor eksternal seperti status sosial ekonomi dan pengaruh dari keluarga terhadap pengembangan karier anak tunanetra.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing : 1. Drs. Umar Latif, MA 2. Ibu Rizka Heni M, Pd |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karier, Anak Tunanetra |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Tila Risya Tila |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 02:20 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 02:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9863 |