Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Lia Maghfira Izzani, 150208087 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar)
Lia M.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar pada materi asam basa masih rendah, hal tersebut disebabkan karena guru menggunakan model pembelajaran tidak sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran STEM (Science, Technology, Emgineering, and Mathematic). Pembelajaran STEM adalah pembelajaran yang langsung dikaitkan dengan lingkungan, sehingga terwujud sebuah pembelajaran yang menghadirkan fakta nyata yang dialami peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Data dikumpulkan melalui tes dan angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 23,0 untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji t, sedangkan angket menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi dari analisis uji t adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat diputuskan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hasil angket menunjukkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran STEM sangat tertarik dengan persentase 93%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar Amsal, M. Pd Pembimbing II : Haris Munandar, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STEM, Hasil Belajar, Asam Basa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Lia Maghfira Izzani Lia
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:26
Last Modified: 16 Sep 2019 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9888

Actions (login required)

View Item
View Item