Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Sirkulasi Di MAN 3 Aceh Besar

Fitria Ulfa, 140207114 (2019) Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Sirkulasi Di MAN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Sirkulasi Di MAN 3 Aceh Besar]
Preview
Text (Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Sirkulasi Di MAN 3 Aceh Besar)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Kurangnya ketertarikan dan respon peserta didik dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang belum bervariasi sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan respon peserta didik adalah dengan menggunakan media alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem sirkulasi dan respon peserta didik kelas XI MIA-3 di MAN 3 Aceh Besar terhadap penggunaan media alat peraga pada materi sistem sirkulasi. Rancangan penelitian ini menggunakan Pre-experimental dengan one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di MAN 3 Aceh Besar yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian adalah kelas XI MIA-3, pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI MIA-3 di MAN 3 Aceh Besar pada materi sistem sirkulasi mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata pre-test 50,4, nilai rata-rata post-test 79,1, dan rata-rata N-gain 0,564 dengan kategori sedang. Respon peserta didik kelas XI MIA-3 di MAN 3 Aceh Besar terhadap penggunaan media alat peraga pada materi sistem sirkulasi, yaitu 82% dengan kategori sangat baik. Hasil uji-t menunjukkan thitung (12,368) > ttabel (2,074), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat peraga pada materi sistem sirkulasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA-3 di MAN 3 Aceh Besar, dan respon peserta didik terhadap penggunaan media alat peraga pada materi sistem sirkulasi tergolong sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Alat Peraga, Respon, Hasil Belajar, Sistem Sirkulasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Fitria Ulfa Ulfa
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:27
Last Modified: 19 Sep 2019 01:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9971

Actions (login required)

View Item
View Item