Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 54 Tahija Banda Aceh

Lina Purnama Sari, 140201088 (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 54 Tahija Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 54 Tahija Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 54 Tahija Banda Aceh)
Skripsi - Lina Purnama Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada kelas V/b SDN 54 Tahija Banda Aceh belum pernah pernah divariasikan dengan metode talking stick disamping metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.Banyak metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya yaitu metode talking stick yaitu dengan pertimbangan bahwa telah di coba gunakan dan berhasil dengan baik, siswa cenderung memiliki gaya belajar kinestetik (banyak gerak)sekaligus dapat melatih siswa berbicara di depan kelas, menciptakan suasana menyenangkan dan membuat siswa aktif. Selain itu Metode talking stick dapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui aktivitas guru dengan penerapan metode talking stick(2) Mengetahui aktivitas siswa dengan penerapan metode talking stick dalam proses pembelajaran dan(2) Mengetahui hasil belajar Pendididkan Agama Islam siswa setelah penerapan metode talking stick. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V/b berjumlah 28 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan Lembar Observasi kemampuan Guru dan aktivitas siswa. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan guru nilai 74 pada sisklus I dengan kategori baik, menjadi 95 pada siklus II dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa dari nilai rata-rata 65 dengan kategori Cukup pada siklus I menjadi 93 dengan kategori baik sekali pada siklus II. Hasil prates belajar siswa siklus I rata-rata 42.85% meningkat menjadi 85.71% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metodetalking stick pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lebih aktif, danprestasi meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Mustabsyirah Husein, M.Ag Pembimbing II : Muhibuddin Hanafiah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Talking Stick dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lina Purnama Sari
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:36
Last Modified: 19 Sep 2019 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9998

Actions (login required)

View Item
View Item