Struktur Komunitas Holothuroidea di Zona Intertidal Pantai Keude Meukek Kabupaten Aceh Selatan sebagai Modul Pada Matakuliah Ekologi Hewan

Fitra Wijaya, 140207070 (2019) Struktur Komunitas Holothuroidea di Zona Intertidal Pantai Keude Meukek Kabupaten Aceh Selatan sebagai Modul Pada Matakuliah Ekologi Hewan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Ekologi Hewan]
Preview
Text (Membahas tentang Ekologi Hewan)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37MB) | Preview

Abstract

Struktur komunitas merupakan suatu konsep yang mempelajari susunan atau komposisi spesies dan kelimpahannya dalam suatu komunitas. Struktur komunitas holothuroidea penting dikaji untuk memberi gambaran dan informasi mengenai komposisi dan kelimpahan holothuroidea. Penerapan praktikum mengenai struktur komunitas Holothuroidea belum pernah dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh sehingga perlu dikaji dengan suatu penelitian. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Struktur Komunitas dan kondisi fisik-kimia perairan zona intertidal pantai Keude Meukek Kabupaten Aceh Selatan serta pemanfaatannya dalam praktikum Ekologi Hewan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksploratif. Data hasil penelitian dianalisis dengan menghitung indeks kelimpahan, keseragaman, keanekaragaman dan dominansi. Berdasarkan hasil penelitian didapat 3 jenis Holothuroidea, yaitu Holothuria edulis, Holothuria atra dan Holothuria scabra. Kelimpahan holothuroidea 0,138 Ind/m2, indeks keanekaragaman 0,83 dengan kriteria rendah, indeks keseragaman 0,76 dengan kriteria tinggi dan dominansi 0,51 dengan kriteria sedang. Pemanfaatan hasil penelitian ini diaplikasikan sebagai penunjang matakuliah Ekologi Hewan berupa modul praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Kamal, S.Pd., M.Pd; 2. Nurasiah, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Struktur Komunitas, Ekologi Hewan, Holothuroidea
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fitra Wijaya
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:47
Last Modified: 24 Sep 2019 08:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10104

Actions (login required)

View Item
View Item