Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Komunikasi Insani Remaja Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Siti Hafizah, 531303227 (2019) Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Komunikasi Insani Remaja Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Membaca, Komunikasi]
Preview
Text (Membahas tentang Membaca, Komunikasi)
Siti Hafizah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan komunikasi insani remaja di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh” tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan komunikasi insani remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi product moment.Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Angket diedarkan kepada 71 sampel dari 250 populasi dengan teknik pengambilannya menggunakan snawball sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai R sebesar 0, 346, yang menunjukkan bahwa hubungan antara kebiasaan membaca (variabel X) dengan kemampuan komunikasi insani remaja (variabel Y) dilihat dari tabel interpretasi tergolong rendah. Hasil uji F terbukti bahwa F_hitung 9.227 > F_tabel 4.70, maka hipotesis alternative (H_o) diterima dan hipotesis nol (H_a) ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kebiasaan membaca memiliki hubungan dengan kemampuan komunikasi insani. Sedangkan hasil koefisien determinasinya (R^2) diperoleh nilai sebesar 0.119, menunjukkan bahwa persentase hubungan variabel sebesar 1,9%.. Hal ini menunjukkan bahwa 1,9%. kebiasaan membaca memiliki hubungan dengan kemampuan komunikasi insani remaja. Sedangkan 8,81% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Syukrinur, M.LIS; 2. Mukhtaruddin, M.LIS
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca, Kemampuan Komunikasi, Insani Remaja, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 021 Hubungan Perpustakaan, arsip, pusat informasi > 021.2 Hubungan dengan Komunitas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Siti Hafizah
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:58
Last Modified: 27 Sep 2019 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10151

Actions (login required)

View Item
View Item