Pengaruh Minat Pemilihan Prodi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi BK di FTK UIN Ar-Raniry

Fadhlia Rahmi, 140213090 (2019) Pengaruh Minat Pemilihan Prodi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi BK di FTK UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Minat Pemilihan Prodi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi BK di FTK UIN Ar-Raniry]
Preview
Text (Pengaruh Minat Pemilihan Prodi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi BK di FTK UIN Ar-Raniry)
Fadhlia Rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Minat merupakan suatu keinginan yang tetap terhadap suatu kegiatan. Minat sangat berperan penting bagi kepribadian seseorang, dimana minat akan menentukan dalam pengambilan keputusan karir demi masa depan, dengan demikian minat akan mempengaruhi hasil prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Minat Pemilihan Prodi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi BK di FTK UIN Ar-Raniry”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang mahasiswa dalam pemilihan Prodi BK di FTK UIN Ar-Raniry, apa saja faktor-faktor minat pemilihan Prodi dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, dan pengaruh minat pemilihan Prodi terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi BK di FTK UIN Ar-Raniry. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Mixed methods merupakan metode yang menggabungkan kedua penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 126 mahasiswa angkatan 2015 dan untuk pengambilan sampel dengan mengunakan teknik Random Sampling yang berjumlah 31 orang mahasiswa BK. Instrumen yang digunakan adalah skala minat, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Spearman Rank untuk melihat hubungan minat terhadap prestasi belajar. Sedangkan Regresi Linear Sederhana untuk melihat pengaruh minat terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang mahasiswa dalam pemilihan Prodi atas dasar tidak adanya pengetahuan dan pemahaman terhadap Prodi BK serta kurangnya persiapan saat mau menentukan pilihan Prodi. Kemudian faktor-faktor minat pemilihan Prodi dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa adalah faktor internal yaitu keinginan diri sendiri dan eksternal yaitu berbagai macam penyebabnya salah satunya keinginan orang tua memilih Prodi. Berdasarkan hasil penelitian ini, tingkat pengaruh minat pemilihan Prodi terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah adanya pengaruh terhadap kedua variabel. Dari hasil tersebut penelitian ini, dapat dijelaskan bahwa tingkat besarnya pengaruh koefisien determinasi (R Square) adalah sebesar 0,661 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh minat pemilihan Prodi terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 66,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Masbur, S. Ag., M. Ag. Pembimbing II : Elviana, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Minat Pemilihan Prodi dan Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Fadhlia Rahmi
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:55
Last Modified: 04 Oct 2019 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item
View Item