Peran Guru Raudhatul Athfal (RA) dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional di Raudhatul Athfal (RA) Takrimah Tungkob Aceh Besar

Saiful Bahri, 271222969 (2017) Peran Guru Raudhatul Athfal (RA) dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional di Raudhatul Athfal (RA) Takrimah Tungkob Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Metode]
Preview
Text (Pendidikan; Metode)
Saiful Bahri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nama : Saiful Bahri
NIM : 271222969
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Manajemen Pendidikan Islam
Pembimbing :1. Prof.Dr.M. Nasir Budiman,MA
2. Lailatussaadah, M.Pd
Judul : Peran guru Raudhatul Athfal (RA) dalam pembentukan kecerdasan emosional di Raudhatul Athfal (RA) Takrimah Tungkob Aceh Besar

Tanggal Sidang : 24 Januari 2017
Tebal Skripi : 70 Halaman
Kata Kunci : Peran guru, Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerja sama) dengan orang lain. Peran guru sangatlah penting dalam pembentukan berbagai kecerdasan anak didik, salah satu guru sebagai motivator terhadap para siswa. Maka dengan itu guru harus memilahara dan merealisasi diri sendiri dilingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah, 1. Untuk mengetahui peran guru dalam (mengajar, membimbing dan mengasuh) dalam pembentukan kecerdasan emosional terhadap siswa Raudhatul Athfal Takrimah Tungkob. 2. Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pembentukan kecerdasan emosional peserta didik di Raudhatul Athfal Takrimah Tungkob. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode penelitian, kualitatif, Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Pengelohan data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan dengan mengikuti prosedur atau langkah-langkah seperti reduksi data, display dan verifikasi data: Berdasarkan hasil pengelohan data dapat disimpulkan bahwa: 1. Peran guru sebagai pengajar dalam pembentukan kecerdasan emosional di Raudhatul Athfal Takrimah Tungkob antara lain: Guru menciptakan suasana yang menyenangkan saat proses belajar mengajar, Guru memberi pembelajaran yang objektif kepada peserta didik, memberi motivasi, menceritakan tentang masa depan yang baik, Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berbicara/bertanya. 2. Peran guru dalam pembentukan kecerdasan emosional dengan cara yang baik: Peserta didik dibimbing dalam belajar, Peserta didik dibimbing dalam berpakain, Peserta didik dibimbing dalam bercara dengan guru, dengan orang tua dan dengan kawannya, Peserta didik dibimbing dalam bergaul dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. 3. Guru memberikan asuhan kepada peserta didik yang kurang mental, takut bergaul dengan kawannya, Guru memberikan asuhan kepada anak yang IQ dan EQ nya rendah, Guru memberikan asuhan kepada peserta didik yang suka berkelahi, dan tidak mau mendengar kata guru saat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof.Dr.M. Nasir Budiman,MA 2. Lailatussaadah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Kecerdasan Emosional
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Saiful Bahri
Date Deposited: 15 Nov 2017 07:46
Last Modified: 19 Mar 2018 15:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item
View Item