Analisis Kesulitan yang Dialami Siswa Kelas X MAN Indrapuri dalam Menentukan Massa Atom Relatif (Ar) dan Massa Molekul Relatif (Mr)

Maihar Auliana, 291223317 (2016) Analisis Kesulitan yang Dialami Siswa Kelas X MAN Indrapuri dalam Menentukan Massa Atom Relatif (Ar) dan Massa Molekul Relatif (Mr). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Maihar Auliana.pdf]
Preview
Text
Maihar Auliana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dari hasil wawancara peneliti dengan salah satu guru kimia MAN Indrapuri diperoleh informasi bahwa sangat sedikit siswa yang mampu mencapai ketuntasan sehingga guru sering melakukan remedial. Hal ini menunjukkan siswa sering mengalami kegagalan dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa, faktor-faktor kesulitan yang dialami siswa dan solusi terhadap kesulitan yang dialami siswa kelas X MAN Indrapuri dalam memahami massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr). Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN Indrapuri sebanyak 58 orang. Adapun yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA2 sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, wawancara siswa dan wawancara guru. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, dari hasil tes diketahui bahwa 60,88 % siswa mengalami kesulitan dalam menentukan konsep massa atom relatif (Ar) dan 50 % pada konsep massa molekul relatif (Mr), siswa mengalami kesulitan dalam hal perhitungan, siswa mengalami kesulitan dengan angka indeks yang dituliskan di bawah atom misalnya NH3, siswa juga keliru dengan senyawa yang memiliki indeks ganda seperti Ba(OH)2. Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan disebabkan karena siswa kurang menguasai materi massa atom relatif (A¬r) dan molekul relatif (Mr), intelegensi masing-masing siswa yang berbeda, siswa tidak mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan oleh guru, rendahnya minat dan bakat siswa untuk belajar pelajaran kimia dan siswa berperan aktif dalam organisasi di sekolah. Solusi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut yaitu membangkitkan minat, bakat belajar siswa dan memberi motivasi kepada siswa agar bersemangat dalam belajar, guru menggunakan model-model pembelajaran yang cocok dengan materi yang diajarkan, guru harus sering memberikan tugas kepada siswa agar sering mengulang pelajaran di rumah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Hilmi, M. Ed; NIP. 196812262001121002; 2. Djamaluddin Husita, M. Si; NIP. 197406121999051001
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, massa atom relatif,, massa molekul relatif
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:10
Last Modified: 09 Oct 2017 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item
View Item