Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas XI MAN 2 Banda Aceh

Amira Ulfya, 261222881 (2017) Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas XI MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Pemecahan Masalah Matematika]
Preview
Text (Membahas Tentang Pemecahan Masalah Matematika)
AMIRA ULFYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika di Indonesia pada saat ini masih rendah, salah satu faktor penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa melakukan pemecahan masalah matematika. Siswa lebih terbiasa menghafal definisi, teorema, serta rumus-rumus matematika sehingga membuat siswa kurang pengembangan kemampuan lainnya termasuk kemampuan pemecahan masalah. oleh karena itu siswa perlu dibimbing dan diberi bantuan agar dapat mengkonstruksi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan strategi Scaffolding di kelas XI MAN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 MAN 2 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kemudian pengolahan data berdasarkan rubrik kemampuan pemecahan masalah, dan dihitung skor hasilnya serta dikualifikasikan skor kemampuan pemecahan masalah berdasarkan Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan strategi scaffolding dapat dikualifikasi dalam kategori baik. (2) skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah setelah penerapan strategi Scaffolding sebagai berikut, untuk indikator A (memahami masalah) mempunyai skor rata-rata 66,7 dan kategori kualifikasi skor rata-rata tersebut termasuk kedalam kategori “Cukup” dalam pemecahan masalah. Untuk indikator B (menyusun strategi) mempunyai skor rata-ratanya adalah 76,8 kategori kualifikasi skor rata-rata tersebut termasuk kedalam kategori “Baik” dalam pemecahan masalah. Untuk indikator C (menerapkan strategi) mempunyai skor rata-ratanya adalah 76,2 kategori kualifikasi skor rata-rata tersebut termasuk kedalam kategori “Baik” dalam pemecahan masalah. Dan untuk indikator D (memeriksa kembali) mempunyai skor rata-ratanya adalah 59,5 kategori kualifikasi skor rata-rata tersebut termasuk kedalam kategori “Cukup” dalam pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Yuhasriati, M.Pd 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Strategi Scaffolding, Matematika, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Amira Ulfya
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:53
Last Modified: 20 Oct 2017 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item
View Item