Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran IPS di Kelas V MIN Montasik Aceh Besar

Aminullah, 201020891 (2017) Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran IPS di Kelas V MIN Montasik Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Metode] Text (Pendidikan; Metode)
PDF ami.rar - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media yang tepat dalam pengajaran akan menimbulkan motivasi bagi siswa untuk menyerap dan melaksanakan apa yang telah disampaikan oleh guru. Namun kenyataanya di lapangan bahwa setiap pendekatan pembelajaran tidak selalu tepat dan efisien dalam kondisi kegiatan pembelajaran. Mengingat hal yang demikian, guru harus mampu menggunakan media yang tepat, agar tidak membosankan bagi siswa. Pembelajaran IPS yang selama ini dilaksanakan di sekolah ternyata tidak menyentuh pengalaman siswa sehari-hari. Siswa merasa yang dipelajarinya kurang bermanfaat dalam kehidupan sehingga siswa merasa terpaksa untuk mempelajari sesuatu yang berada di luar jangkauan daya pikirnya. Sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik, sehingga dapat merubah sikap siswa yang sebelumnya menganggap IPS itu sulit dipelajari menjadi lebih mudah dipelajari dan menyenangkan. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPS dengan penggunaan media audio visual? Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan penggunaan media audio visual? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data tentang kegiatan pembelajaran di kelas diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan persentase sesuai dengan kriteria aktivitas yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penggunaan media audio visual pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,94 (kategori baik), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,52 (kategori sangat baik), pada aktivitas siswa saat dilakukan pembelajaran dengan penggunaan media audio visual pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,36 (baik) dan meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 3,42 (sangat baik), pada siklus pertama Hasil Belajar Siswa belum mencapai ketuntasan. klasikal hanya 62,5%, sedangkan pada siklus kedua Hasil Belajar Siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal 93,75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V MIN Montasik Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: Dr. Azhar, M.Pd Nida Jarmita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi,Non Verbal, Orang Tua
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aminullah Ami
Date Deposited: 14 Nov 2017 04:41
Last Modified: 14 Nov 2017 04:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item
View Item