Hubungan Minat Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Seulimeum Kab. Aceh Besar

Zulkarnain, 211222474 (2017) Hubungan Minat Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Seulimeum Kab. Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam.]
Preview
Text (Membahas tentang minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam.)
Zulkarnain.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (545kB) | Preview

Abstract

Belajar adalah aktifitas yang menghasilkan perubahan pada diri individu yang belajar baik aktual maupun potensial meningkatkan minatnya dalam mengkaji ilmu pengetahuan. Pendidikan Agama Islam terutama pada anak-anak merupakan hal yang penting dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan sekaligus penggunaan nilai-nilai Islam dalam segala aspek kehidupan. Namun kenyataannya materi agama Islam kurang diminati siswa, juga pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah umum sangat terbatas waktu. Sehingga tujuan pendidikan agama Islam di sekolah sulit dicapai, dan menjadi salah satu penyebab menurunnya nilai prestasi pendidikan agama Islam. Keadaan seperti ini diperlukan upaya solutif dan motivasi kepada siswa agar mereka mau belajar. Dengan kata lain siswa perlu diberikan rangsangan agar tumbuh minat belajar pada dirinya, dan dengan minat ini siswa menjadi tekun dalam belajar, sehingga akhirnya kualitas hasil belajar siswa dapat menjadi lebih baik. Latar belakang uraian ini mengantarkan penulis untuk meneliti dan melihat “hubungan minat terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMAN 1 Seulimeum Kabupaten Aceh Besar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah adakah hubungan minat siswa terhadap prestasi belajar pada bidang studi pendidikan agama Islam. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data didapat kan melalui, skala dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa SMAN 1 Seulimeum mempunyai minat yang cukup baik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam akan meningkat jika terdapat minat belajar yang tinggi. Ha (Hipotesa Alternatif): Adanya korelasi positif yang signifikan antara minat belajar terhadap peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Ho (Hipotesa Nihil): Tidak adanya korelasi positif yang signifikan antara minat belajar terhadap peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Mustabsyirah Husein, M. Ag; 2. Sri Astuti, S. Pd. I, MA
Uncontrolled Keywords: Minat, Prestasi Belajar, Agama Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulkarnain Wanti Aisyah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:39
Last Modified: 14 Nov 2017 08:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item
View Item