Strategi Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi (Emotional Quotient) Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam

Siti Nurbaiti, 211323704 (2017) Strategi Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi (Emotional Quotient) Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kecerdasan]
Preview
Text (Membahas tentang kecerdasan)
Siti Nurbaiti (211323704).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional adalah pengetahuan mengenai diri sendiri, kesadaran diri, kepekaan sosial, empati dan kemampuan untuk berkomunikasi secara baik dengan orang lain. Meningkatkan kecerdasan emosi sangatlah perlu, karena dengan meningkatnya kecerdasan emosi, siswa dapat mempunyai kepekaan dalam mengelola perasaan kemudian menjadi kerangka dalam berperilaku, bersosialisasi dan mengambil keputusan yang tepat. Namun, untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam diperlukan strategi guru Pendidikan Agama Islam. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosi siswa SMA Negeri 2 Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam dan bagaimana dampak strategi guru terhadap peningkatkan kecerdasan emosi siswa SMA Negeri 2 Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam adalah strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS), strategi pembelajaran kooperatif, dan strategi pembelajaran sikap. Metode pendukung yang digunakan oleh Guru PAI dalam proses belajar mengajar adalah metode ceramah plus, diskusi aktif, reward and punisment, keteladanan, simulasi, dan media. Dampak dari strategi yang telah dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kecerdasan emosional adalah siswa lebih bisa mengontrol diri ataupun emosi, saling menghargai, rasa empati yang begitu tinggi, kelas lebih aktif, efektif, dan menyenangkan. Kesimpulannya adalah strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosi siswa SMA Negeri 2 Simpang Kiri sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Raihan Putry, M. Pd 2. Saifullah, S.Ag.,MA
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pendidikan, Kecerdasan Emosi,Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nurbaiti
Date Deposited: 16 Nov 2017 08:12
Last Modified: 16 Nov 2017 08:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item
View Item