Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh

Ayu Munira, 211222416 (2016) Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar.]
Preview
Text (Membahas tentang kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar.)
Ayu Munira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (885kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Aqkidah Akhlak Siswa kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Dalam mewujudkan prestasi belajar akidah akhlak guru perlu memahami kekuatan kecerdasan spiritual siswa. Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, karena ia akan memberikan kemampuan kepada manusia untuk membedakan yang baik dengan yang buruk, memberi manusia rasa moral dan memberi manusia kemampuan untuk menyesuaikan dirinya dengan aturan-aturan yang baru. Berkaitan dengan pentingnya kecerdasaan spiritual siswa dan prestasi belajar akidah akhlak selanjutnya penulis mencoba untuk melakukan penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1). Untuk mengetahui bagaimanakah hubungan antara tingkat kecerdasan spiritual siswa dengan prestasi belajar siswa di MAS Darul Ulum Banda Aceh . 2). Untuk mengetahui sejauh manakah kecerdasan spiritual siswa mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 115 orang, sampelnya adalah 39 siswa yang dibagi ke dalam 3 kategori. Variabel yang diteliti adalah tingkat kecerdasan spiritual siswa dan prestasi belajar akidah akhlak. Data diambil dengan teknik tes tertulis dan lembar pengamatan sikap. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kecerdasan spiritual siswa mencapai 28 dalam kategori baik dan rata-rata prestasi belajar akidah akhlak sebesar 85 dalam kategori amat baik. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan nilai r0 pada kategori”A” sebesar 29,75 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% yaitu 0,482, r0 pada kategori”B” sebesar 1,454 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% yaitu 0, 532, dan r0 pada kategori”C” sebesar 0,062 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% yaitu 0,707. Dengan demikian pada taraf signifikansi 5% hasilnya adalah signifikan, yang berarti ada korelasi yang positif antara kedua variabel. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, S.Ag. M.Ag; 2. Abdul Haris Hasmar S.Ag. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar, MAS Darul Ulum
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2017 08:38
Last Modified: 16 Nov 2017 08:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item
View Item