Pengelolaan Prasarana Madrasah pada Wilayah Rawan Bencana di MTsN 5 Pidie Jaya

Maulana Zaki, 271324745 (2017) Pengelolaan Prasarana Madrasah pada Wilayah Rawan Bencana di MTsN 5 Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan, Prasarana, Wilayah Rwan Bencana]
Preview
Text (Pengelolaan, Prasarana, Wilayah Rwan Bencana)
Maulana Zaki.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya,dimana dalam bencana tersebut banyak memakan korban baik korban jiwa maupun material. MTsN 5 Pidie Jaya merupakan salah satu sekolah yang menjadi korban dari dampak gempa bumi dimana hampir seluruh bangunan yang ada mmengalami keretakan selain bangunan yang roboh, sarana prasarana dan dokumen penting pun ikut hancur. Sehingga pihak madrasah harus menggelar proses belajar mengajar di luar gedung karena takut akan terjadinya gempa susulan. Para siswa juga trauma dengan gempa sehingga siswa sering keluar kelas ketika gempa terjadi yang menyebabkan proses belajar mengajar kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Pertama, untuk menyatakan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah MTsN 5 Pidie Jaya. kedua, untuk menyatakan perencanaan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah MTsN 5 Pidie Jaya. Ketiga, untuk menyatakan kendala yang dihadapi dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah MTsN 5 Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah dari kepala sekolah, delapan orang guru dan dua orang pengelola sarana dan prasarana pendidikan yang membantu administrasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengelolaan sarana prasarana pendidikan di sekolah sudah melakukan tiga macam proses perencanaan yang sesuai, sebagaimana ditetapkan oleh dinas pendidikan dalam penanggulangan kebencanaan antara lain adalah sekolah melakukan pembelian baru, daur ulang, dan peminjaman sarana dan prasarana. Kedua Perencanaan pemeliharaan sarana dan prasarana yang dilakukan pihak sekolah seperti telah melakukan perawatan rutin terhadap sarana dan prasarana sekolah setiap tiga bulan sekali dengan tenaga yang dimiliki maupun mengundang teknisi dari luar. Pihak sekolah juga telah melakukan penghapusan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku menurut pelatihan dari dinas pendidikan Pidie Jaya. Ketiga, kendala yang ditemui kepala sekolah dan pengelola dalam pengelolaan sarana dan prasarana sebagian besar yaitu tentang keterbatasan tenaga dan dana. Solusi terhadap hambatan ini dilakukan dengan mengadakan koordinasi dengan komite sekolah mengenai anggaran dana dan lebih mengoptimalkan tenaga yang ada dengan mengikutsertakan dalam pendidikan dan pelatihan yang sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fatimah Ibda M.Si 2. Mumtazul Fikri,MA
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan,Prasarana, Wilayah Rawan Bencana
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maulana Zaki
Date Deposited: 22 Nov 2017 04:07
Last Modified: 22 Nov 2017 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1719

Actions (login required)

View Item
View Item