Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTsN Jeureula Aceh Besar.

Uswatun Hasanah, 211323725 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTsN Jeureula Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Pembelajaran]
Preview
Text (Model Pembelajaran)
SKRIPSI FULL USWATUN HASANAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTsN Jeureula Aceh Besar , penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya guru dalam menguasai model-model pembelajaran, sehingga siswa merasa jenuh, kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Tercapainya keberhasilan siswa dalam belajar sangat dipengaruhi oleh model-model pembelajaran yang diterapkan guru saat proses belajar mengajar. Adapun model snowball throwing merupakan model pembelajaran yang sederhana, di mana para siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data hasil penelitian di peroleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes. Kemudian data di analisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang di peroleh adalah (1) aktivitas guru meningkat dari 76,6% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, (2) aktivitas siswa meningkat dari 67,5% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II, (3) hasil belajar siswa meningkat dari 62,95 pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning Tipe snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hj. Nurjannah Ismail, M.Ag; 2. Darmiah, S. Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 12 Dec 2017 08:05
Last Modified: 12 Dec 2017 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item
View Item