Kompetensi Siswa dalam Membaca Al-Qur'an Berbasis Latar Belakang Pendidikan di MAN 2 Banda Aceh

M. Taib Baraah, 211222479 (2017) Kompetensi Siswa dalam Membaca Al-Qur'an Berbasis Latar Belakang Pendidikan di MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Muhammad Taib Baraah.pdf]
Preview
Text
Muhammad Taib Baraah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

-lembaga pendidikan Islam sangat erat kaitannya dengan pendidikan al-Qur’ān, seperti salah satunya yaitu madrasah, yang secara lumrah bisa dikatakan siswanya dapat membaca al-Qur’ān dengan baik dan benar dibandingkan dengan siswa sekolah umum. Namun fenomena saat ini, masih ditemukannya siswa yang berlatar belakang pendidikannya madrasah akan tetapi tidak dapat membaca al-Qur’ān dengan baik dan benar. Hal itu menjadi salah satu permasalahan pembelajaran PAI, terutama pelajaran yang berkaitan dengan al-Qur’ān. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mencari nilai perbandingan baca al-Qur’ān antara siswa yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Tsānawiyyah (MTs) dan siswa yang berlatar belakang pendidikan Sekolah umum (SMP). Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada perbedaan yang signifikan antara bacaan al-Qur’an antara siswa berlatar belakang pendidikan MTs dan siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP?”. Penelitian dilakukan di MAN 2 Banda Aceh. dan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Banda Aceh yang berjumlah 150 orang siswa, dan sampelnya diambil 16 orang siswa dengan teknik random. kemudian Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dan Pengumpulan data dilakukan melalui tes baca al-Qur’ān. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bacaan al-Qur’ān antara siswa berlatar belakang pendidikan MTs diperoleh nilai rata-rata (mean) adalah 26.1250 dan siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP dengan rata-ratanya (mean) adalah 23.2500 dengan probabilitas (Sign.) 0,064. Karena probabilitas (Sig.) 0,064 > 0,05 maka hipotesis Ho ditolak (tidak ada perbedaan yang signifikan antara bacaan al-Qur’ān siswa berlatar belakang pendidikan MTs dan yang berlatar belakang Pendidikan SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hj. Chairan M. Nur, M.Ag 2. Realita, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Siswa Dalam Membaca Al-Qur'an, Berbasis Latar Belakang Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad taib baraah
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:58
Last Modified: 12 Jan 2018 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item
View Item