Saifullah Idris, 2006047203 (2007) Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam (Perspektif Muhammad Quthb). "PENCERAHAN" Jurnal Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam, 5 (2). pp. 88-102. ISSN ISSN 1693-7775
Pencerahan Vol 5 No 2, Jan-Apr 2007.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Form A dan From C; Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam (Perspektif Muhammad Quthb).pdf
Download (187kB) | Preview
Abstract
Tulisan ini membahs tentang Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam dalam pandangan Muhammad Quthb, seorang pemikir islam kontemporer, yang menjelaskan konsep-konsep yang brilian tentang pendidikan. Bagi MUhammad Quthb, pendidikan islam adalah pendididkan manusia seutuhnya, tidak dipisahkan oleh satu aspek pun dari kudrat manusia. tujuan pendidikan islam adalah untuk membentuk kejujuran dan pengabdian manusia hanya pada Allah semata, yaitu untuk mengmbangkan semua potensi yang dimilik sebagai kesimbangan antara intelektual dan kesadaran, fisik dan spiritual, moral dan aktivitas, pribadi dan hubungan masyarakat dan alam. Dengan demikian pendidikan islam berpusat pada manusia seutuhnya tanpa dipisahkan oleh batas-batas wilayah, ras, lokasi dan lain-lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hakikat, Tujuan Pendidikan Islam dan Muhammad Quthb |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Saifullah Idris |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 04:49 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 04:49 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2233 |