Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Diniyah di SMP Negeri 6 Unggul Banda Aceh

Sri Wahyuni, 211222452 (2017) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Diniyah di SMP Negeri 6 Unggul Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kompetensi Kepribadian Guru]
Preview
Text (Membahas Tentang Kompetensi Kepribadian Guru)
Sri Wahyuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kepribadian yang dimiliki oleh seorang guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan pribadi para peserta didik. Tetapi fakta yang terjadi pada saat ini, guru kurang mengoptimalkan dirinya sebagai motivator dalam proses pembelajaran. Akibatnya para peserta didik mengalami penurunan minat belajarnya.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana gambaran kompetensi kepribadian guru pada mata pelajaran di ̅niy ̅ah di SMP Negeri 6 Unggul Banda Aceh. Kedua, Bagaimana gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran di ̅niy ̅ah di SMP Negeri 6 Unggul Banda Aceh. Dan Ketiga, Bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran di ̅niy ̅ah di SMP Negeri 6 Unggul Banda Aceh.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket.
Adapun hasil penelitian (1) Kompetensi kepribadian guru di ̅niy ̅ah di SMP Negeri 6 Unggul Banda Aceh termasuk dalam kategori memadai (baik). Hal ini berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan angket yang didukung oleh tabel 3.7, tabel 3.9, tabel 3.10, tabel 3.13, tabel 3.16, dan tabel 3.19. (2) Tingkat motivasi siswa di SMPN 6 Unggul Banda Aceh dalam mengikuti pembelajaran di ̅niy ̅ah bergantung dari setiap guru di ̅niy ̅ah yang mengajar. Akan tetapi secara umum motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di ̅niy ̅ah sudah baik (termotivasi). Hal ini berdasarkan wawancara dengan guru di ̅niy ̅ah yang mengatakan bahwa siswa pada umumnya antusias dalam mengikuti pembelajaran di ̅niy ̅ah baik itu karena para siswa yang sudah terbiasa dengan kehidupan di Aceh yang religius maupun karena cara guru mengajar yang menyenangkan. (3) Kompetensi kepribadian yang dimiliki guru di ̅niy ̅ah sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Juairiah Umar, M.Ag 2. Darmiah, M.A
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sri wahyuni
Date Deposited: 17 Jan 2018 05:19
Last Modified: 17 Jan 2018 05:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item
View Item