Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMA Negeri 12 Banda Aceh

Sitti Auliawati, 211222409 (2017) Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pedagogik Guru]
Preview
Text (Membahas tentang Pedagogik Guru)
Sitti Auliwati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama merupakan kebutuhan bagi setiap umat Islam, oleh karena itu Islam mewajibkan pemeluknya untuk belajar sejak dini. Pendidikan agama yang diberikan oleh guru yang memiliki kompetensi baik sangat berpengaruh terhadap pemahaman ajaran agama anak didik. Guru yang berkompetensi akan mampu merangsang anak didik untuk mencintai materi pelajaran yang akan disampaikan. Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru dapat digunakan untuk memahami peserta didik dengan baik dan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan serta akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Berdasarkan hasil observasi awal, realita yang terjadi di SMA Negeri 12 Banda Aceh menunjukkan bahwa sebagian guru PAI belum memenuhi kompetensi pedagogik. Padahal guru dituntut untuk mengembangkan kompetensi pedagogik agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Berawal dari observasi awal tersebut, penelitian yang akan dilakukan ini memfokuskan pada masalah kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMA Negeri 12 Banda Aceh dalam merencanakan pembelajaran? bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMA Negeri 12 Banda Aceh dalam melaksanakan pembelajaran? bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMA Negeri 12 Banda Aceh dalam mengevaluasi pembelajaran? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data atau display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan pembelajaran di SMA Negeri 12 Banda Aceh secara keseluruhan sudah menerapkan kompetensi pedagogiknya dengan baik, namun masih perlu penyempurnaan. Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran di SMA Negeri 12 Banda Aceh secara keseluruhan sudah menerapkan kompetensi pedagogiknya dengan baik, namun masih perlu penyempurnaan. Dan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengevaluasi pembelajaran di SMA Negeri 12 Banda Aceh sudah baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Sri Suyanta, M.Ag 2.Musradinur, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pedagogik, Guru PAI
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 22 Jan 2018 09:36
Last Modified: 22 Jan 2018 09:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item
View Item