Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Optika Geometris Di Kelas X SMAN 9 Tunas Bangsa Banda Aceh

Ahsanun Nadiyya, 251324478 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Optika Geometris Di Kelas X SMAN 9 Tunas Bangsa Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Metode Pembelajaran)
AHSANUN NADIYYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di kelas X SMAN 9 Banda Aceh diperoleh permasalahan bahwa model pembelajaran yang diterapkan tidaklah variatif, rendahnya pemahaman konsep fisika, dan motivasi belajar fisika peserta didik rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi optika geometris di kelas X SMAN 9 Tunas Bangsa Banda Aceh. Metode dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen dan Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa/i SMAN 9 Banda Aceh yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar instrumen tes berupa tes pilihan ganda dalam ranah kognitif yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil perhitungan normalitas data dengan menggunakan Chi Kuadrat diperoleh data terdistribusi normal. Hasil perhitungan homongenitas dengan menggunakan uji F diperoleh data kedua kelompok homogeny. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, menunjukkan hasil belajar kognitif fisika peserta didik yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih tinggi daripada hasil belajar fisika peserta didik tanpa perlakuan dengan model Learning Cycle 7E. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 48. Dari hasil perhitungan diperoeh thitung = 4,15 dan ttabel = 1,67, yang berarti bahwa thitung>ttabel, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 9 pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Mursal, M.Si 2. Rusydi, S.T, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 7E, Hasil Belajar, Optika Geometris
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ahsanun Nadiyya
Date Deposited: 26 Jan 2018 03:17
Last Modified: 26 Jan 2018 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item
View Item