Ade Irma S, 281324832 (2017) Pengaruh Media Komik dengan Role Playing terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa di MAN 1 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (21MB) | Preview
Abstract
Rendahnya hasil dan minat belajar siswa terutama dalam pembelajaran biologi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan media dan metode dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penggunaan media dan metode yang sesuai dengan materi pelajaran seperti media komik dengan role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media komik dengan role playing terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi virus. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan model one group pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA, adapun sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 6 yang berjumlah 29 orang siswa dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil analisis hasil belajar siswa diperoleh thitung 8,63 dan ttabel 2,048 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Analisis minat belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 85 pada setiap indikator dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media komik dengan role playing berpengaruh terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi virus.
Kata Kunci: Media Komik, Role Playing, Hasil dan Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Eriawati, M.Pd 2. Lina Rahmawati, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Media Komik,Metode Role Playing, Hasil dan Minat Belajar |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 741.5 Komik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ade Irma Saifuddin |
Date Deposited: | 09 Feb 2018 08:37 |
Last Modified: | 09 Feb 2018 08:37 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2478 |