Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMPN 1 Pante Ceureumen Aceh Barat

Ammalia Nurjannah, 251324450 (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMPN 1 Pante Ceureumen Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
Ammalia Nurjannah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor guru dan siswa. Guru harus mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Judul penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa pada Pembelajaran Fisika di SMPN 1 Pante Ceureumen Aceh Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model Probelm Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa pada Pembelajaran Fisika dan (2) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa pada Pembelajaran Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen (VIIIB) dan kelas kontrol (VIIIA). Data dikumpulkan melalui soal tes dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dan data dari lembar observasi dianalisis menggunakan analisis deskriprif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru dan siswa dengan model pembelajaran Probelm Based Learning memenuhi kriteria penilaian sangat baik, (2) Hasil uji statistik menunjukkan bahwa setelah diajarkan dengan model Problem Based Learning di dapat thitung > ttabel yaitu 2,74 > 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Fitriyawany, M.Pd 2.Hafizul Furqan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Konsep Cahaya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 21 Feb 2018 16:37
Last Modified: 21 Feb 2018 16:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item
View Item