Kompetensi Guru PAI dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN 1 Bandar Bener Meriah

Muhammad Yusri, 211222476 (2017) Kompetensi Guru PAI dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN 1 Bandar Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kopetensi Guru PAI]
Preview
Text (Membahas tentang Kopetensi Guru PAI)
Muhammad Yusri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi guru PAI dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMAN 1 Bandar Bener Meriah. Adapun yang manjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana keahlian guru PAI dalam penggunaan media teknologi informasi di SMAN 1 Bandar Bener Meriah, media apa yang digunakan guru dalam penggunaan media teknologi informasi dalam pembelajaran PAI, serta problematika dan usaha solutif apa yang dilakukan guru PAI dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan media teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keahlian guru PAI dalam penggunaan media teknologi informasi, media apa saja yang digunakan guru, serta untuk mengetahui problematika dan usaha solutif yang dilakukan guru PAI dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMAN 1 Bandar Bener Meriah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis deskrptif dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, angket dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru PAI dalam penggunaan media teknologi informasi dalam proses belajar mengajar masih kurang. Hal ini dikarenakan guru tidak terbiasa menggunakan teknologi informasi dalam keseharian, sehingga kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi masih sangat minim. Media yang digunakan dalam penggunaan media teknologi informasi seperti slide, video, dan lain-lain. Problematika yang dihadapi oleh guru PAI adalah kurangnya mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi menjadi salah satu faktor rendahnya kemampuan guru PAI dalam menggunakan media teknologi informasi. Usaha yang dilakukan oleh guru PAI untuk meningkatkan kemampuan menggunakan media teknologi informasi adalah mengikuti pelatihan-pelatihan pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi seperti komputer, infokus dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Saifullah, S.Pd.I, MA 2.Dr. Silahuddin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru PAI, Teknologi Informasi, Minat Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 23 Feb 2018 17:29
Last Modified: 23 Feb 2018 17:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2628

Actions (login required)

View Item
View Item