Pengaruh Model Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas VIII MTsS Al-Manar

Sri Purwasih, 251222821 (2016) Pengaruh Model Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas VIII MTsS Al-Manar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Sri Purwasih.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII MTsS Al-Manar ditemukan permasalahan bahwa kesulitan belajar fisika yang dihadapi oleh siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk mengatasi kondisi pembelajaran tertentu, salah satu cara adalah dengan pembelajaran model kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana model kooperatif tipe STAD membawa pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas VIII MTsS Al-Manar, untuk mengetahui respon siswa terhadap model kooperatif tipe STAD pada materi fluida statis kelas VIII MTsS Al-Manar. Jenis penelitian ini adalah true-experimental design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTsS Al-Manar yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu diperoleh kelas VIII-A yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data dengan menggunakan uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata post-test kelas kontrol dengan thitung > ttabel yaitu 7,03 > 1,67. Analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe STAD pada materi fluida statis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Al-Manar. Respon siswa terhadap model kooperatif tipe STAD membuat siswa tertarik dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Ida Meutiawati, M.Pd 2. Ridhwan, S.Pd, M.Si
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe STAD, fluida statis, purposive sampling, true-experimental design
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 28 Mar 2018 05:45
Last Modified: 28 Mar 2018 05:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item
View Item