Penerapan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Materi PAI Pada Siswa Kelas VII di SMPN 1 Kota Jantho

Fitrah Syuhada, 211222478 (2017) Penerapan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Materi PAI Pada Siswa Kelas VII di SMPN 1 Kota Jantho. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas penerapan media audio-visual untuk meningkatkan pemahaman materi PAI]
Preview
Text (Membahas penerapan media audio-visual untuk meningkatkan pemahaman materi PAI)
Fitrah Syuhada.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu mengkondisikan subjek didik untuk mempunyai motivasi belajar, salah satunya kewajiban pendidik untuk memenuhi kewajiban tersebut adalah dengan memamfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran. Diantara media yang dimaksud adalah media audio visual. Akan tetapi pada kenyataannya sistem pembelajaran di SMP Negeri 1 Kota Jantho bahwa guru masih minim menggunakan media audio visual terhadap materi pembelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi PAI Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Jantho? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi PAI dengan menggunakan media audio visual pada kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Jantho? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN I Kota Jantho yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap siklus I, siklus II dan siklus III. Pada tahap siklus I hasil observasi aktifitas siswa mempunyai persentase 65%, pada siklus II meningkat 14% menjadi 79% dan pada siklus III juga mengalami peningkatan dan sudah sangat efektif yaitu sebesar 84%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata tes akhir 78,7 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70%. Setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan, pada siklus II rata-rata tes akhir meningkat yaitu 83,3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 83% dan Pada siklus III rata-rata nilai tes akhir siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 85,8 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan pemahaman peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAI melalui penerapan media audio-visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H Muhibbuthabry, M.Ag; NIP. 196101171991030101; 2. Muhibuddin, S.Ag, M.Ag; NIP. 197006082000031002
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pembelajaran Materi, Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitrah Syuhada
Date Deposited: 12 Aug 2017 05:44
Last Modified: 12 Aug 2017 05:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item